Perusahaan yang sukses tentu harus memiliki kemampuan untuk menghubungkan pelanggannya secara online, menciptakan koneksi dengan para pemimpin industri, maupun mempresentasikan produknya dengan cara yang unik, kreatif, dan menarik mata.
Di dunia yang serba terhubung
ini, hampir tidak mungkin untuk tidak melihat pentingnya pemasaran digital demi
kesuksesan bisnis. Jangankan untuk jenis usaha yang mikro, semisal kamu
memiliki pabrik tas aja memasarkan memalui media digital akan lebih menguntungkan.
Coba simak ! apa aja yang mesti diperharikan untuk menyiasati pemasaran di era
digital seperti sekarang ini.
Perusahaan yang sukses tentu
harus memiliki kemampuan untuk menghubungkan pelanggannya secara online,
menciptakan koneksi dengan para pemimpin industri, maupun mempresentasikan
produknya dengan cara yang unik, kreatif, dan menarik mata.
Sebagai contohnya, Kamu sudah
memproduksi tas sedemikian rupa, namun ternyata memasarkannya menuai kendala.
Apa yang harus dilakukan? Sementara produki dari pabrik tas Kamu terus berjalan?
Pemasaran digital menawarkan
kesempatan tanpa batas untuk mengetahui strategi apa saja yang ampuh dan
booming di saat itu juga.
Jika Kamu adalah pemilik usaha
startup. Besar
kemungkinan Kamu memiliki sedikit sumber daya dan dana. Pemasaran digital dapat
menawarkan Kamu kemungkinan-kemungkinan pemasaran yang lebih baik dan efektif
secara dana.
Statistik menunjukkan sekitar 40
persen pengguna pemasaran digital dapat lebih baik menghemat dana untuk promosi
dan pelayanannya. Selain itu, saat ini sebagian pemilik bisnis sudah
mengalokasikan budget secara khusus dari penggunaan media tradisional untuk
diinvestasikan pada penggunaan teknik dan alat-alat pemasaran digital.
Selain itu, pemasaran digital
saat ini lebih diminati daripada pemasaran tradisional karena kemampuan
Internet dalam menyediakan sarana interaksi terhadap pelanggan target Kamu.
Interaksi dalam bentuk apapun
adalah yang dibutuhkan oleh pelanggan Kamu, terhadap produk dan bisnis Kamu.
Bagaimana perusahaan Kamu dapat memunculkan interaksi ini adalah titik pembeda
antara kegagalan dan kesuksesan bisnis Kamu.
Kekuatan pemasaran digital
terletak pada kemampuannya menarik traffic pelanggan. Pelanggan semacam ini
bisa jadi sudah siap untuk lebih mengenali produk, jasa dan merek Kamu, dan
memiliki ketertarikan untuk membeli produk tawaran Kamu.
Membawakan kepada pelanggan Kamu
apa yang dijanjikan dapat menciptakan hubungan yang baik antara Kamu dengan
pelanggan Kamu, serta membuat mereka menjadi pelanggan setia yang akan
berinteraksi dengan produk Kamu setiap kali secara terus-menerus.
Hal ini tentu saja akan
berpengaruh positif terhadap reputasi produk Kamu, karena pelanggan yang puas
akan menginformasikan hal tersebut kepada calon pelanggan yang lain tentang
pengalamannya menikmati produk atau jasa Kamu.
Produk atau jasa Kamu, kemudian,
akan viral sesuai harapan Kamu, membuka pintu kesempatan untuk mencapai pasaran
yang lebih besar sekaligus meraih pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Teknik-teknik pemasaran digital
yang sederhana dapat memberikan perusahaan Kamu kesempatan untuk memberikan
pengaruh secara online, baik bagi usaha startup maupun yang berkelas
multinasional.
Berikut ini adalah 5 teknik pemasaran digital yang dapat membantu Kamu untuk
memulai
1. Teknik pemasaran konten
Salah satu yang paling populer dalam dunia pemasaran digital adalah pemasaran
konten, atau secara esensi adalah “menceritakan” produk Kamu. Konten disini
dapat berarti apapun yang memuat pesan yang jelas, termasuk sekumpulan gambar
yang menarik perhatian, video, postingan blog, ataupun artikel berita.
Pemasaran konten ini berbeda
dengan teknik pemasaran tradisional dengan kemampuannya untuk meghindari iklan
yang berlebihan, dan konsumen yang cerdas dapat saja membedakan mana konten
yang memang berkualitas dengan pengiklanan berlebihan.
Seperti halnya cerita, konten
yang bagus haruslah original, dinamis, dan mudah dibagi. Pemasaran konten yang
paling efektif menggunakan bahasa yang mudah dicerna untuk memberikan “cerita”
yang mampu meraih kepercayaan konsumen sekaligus membangun reputasi produk yang
positif.
Pemasaran konten juga sangatlah
fleksibel. Kamu dapat memikirkan cara-cara untuk mengemas kembali “cerita”
produk Kamu sehingga dapat menargetkan kelompok-kelompok konsumen yang mana
tidak pernah menjalin hubungan pribadi dengan Kamu sebelumnya.
Biasanya, setelah konten sudah
dibuat, para pemasar digital menggunakan tool seperti Outbrain Amplify untuk
mendistribusikan konten buatan Kamu kepada masyarakat yang lebih luas. Karena,
seberapa menarikpun isi konten Kamu, tidak bisa benar-benar efektif jika tidak
dapat dilihat oleh kalangan luas.
2. Alat-alat media sosial
Kamu pastinya sudah pernah menggunakan salah satu jenis sosial media sebagai
cara untuk berkomunikasi dengan konsumen Kamu. Dan jika belum, apa lagi yang
Kamu tunggu? Media sosial adalah salah satu alat bantu marketing terbaik yang
mampu mengakrabkan produk Kamu dengan masyarakat sekaligus menghubungkan Kamu
dengan konsumen di saat ini juga.
Strategi pemasaran digital yang
kuat tentunya melibatkan semua jenis sosial media yang cocok dengan institusi
maupun produk, sebut saja Twitter, Facebook, LinkedIn, Pinterest, Instagram,
dan Google Plus.
Tentu saja media-media ini
memiliki fungsinya tersendiri. Twitter dapat Kamu ibaratkan telepon virtual, di mana konsumen dapat menggunakannya
untuk bertanya atau mengajukan komplain. Media sosial yang berbasis gambar,
seperti Instagram dan Pinterest, merupakan alat yang bagus untuk menmpilkan
konten-konten visual.
Tentu saja sangat penting untuk
tetap update tren-tren terkini, misalnya menggunakan fitur Influencer di
LinkedIn, yang mana mempromosikan para
pemain-pemain industri kelas kakap yang menjadi pemimpin bidangnya
masing-masing, sekaligus menyediakan forum bagi mereka untuk berbagi
pengetahuan.
3. Go mobile
Semakin banyak konsumen Kamu yang berusaha mengakses informasi menggunakan gadget
praktis. Mendirikan website yang memiliki desain yang sesuai dengan format
mobile, baik itu smartphone maupun tablet, dapat memberikan Kamu keuntungan
diantara saingan Kamu.
Banyak pemasar yang sekarang
menggunakan lebih jauh teknik ini dengan menggunakan data dari media sosial
seperti Facebook dan Twitter sebagai alat checkin, maupun data dari Adwords dan
GPS gadget, untuk menargetkan iklan dan menciptakan gambaran lengkap tentang
pelanggan Kamu, kemana dia pergi, apa yang sedang dicarinya, dan kapan dia
menginginkannya.
Memahami konteks keinginan dan
perilaku pelanggan Kamu merupakan kunci untuk memaksimalkan pemasaran Kamu dan
menawarkan produk yang paling diinginkan.
4. Retargeting
Salah satu teknik pemasaran digital yang juga efektif adalah retargeting atau
menyusun kembali target, dimana vendor akan melacak konsumen menggunakan
penempatan cookie internet dan menunjukkan secara terus-menerus produk yang
sebelumnya dilihat lewat internet atau website.
Teknik retargeting ini merupakan
cara yang simpel tetapi kuat, untuk membuat merek dan produk buatan Kamu tetap
berada dalam pikiran para pelanggan potensial sehingga memerlukan usaha yang
lebih sedikit untuk mengiklankan perusahaan Kamu.
Seiring peningkatan teknologi
retargeting ini meningkat, perusahaan yang fleksibel akan bercokol di puncak
tren untuk menemukan cara-cara baru demi meningkatkan profile produknya.
5. Membangun komunitas
Salah satu kesamaan dari teknik-teknik pemasaran digital yang ada saat ini
adalah keharusan bagi perusahaan untuk melihat konsumer dan kebutuhannya
sebagai individu, bukan sekedar angka statistik pembukuan. Perhatikan WestJet
yang viral baru-baru ini, dimana yang dilakukannya adalah memenuhi keinginan
para penumpangnya di hari Natal secara diam-diam.
Dengan cara ini, WestJet dapat
memberikan suasana yang hangat dan manusiawi dalam maskapai tersebut, yang mana
bukan perkara mudah, dan menunjukkan responsivitas mereka kepada pelanggan.
Perusahaan harus menunjukkan keingnan yang tulus untuk memahami kepribadian
pelanggan yang dinamis dan menggunakan komunikasi sebagai cara untuk membangun
komunitas pelanggan yang selaras dan otentik.
Semakin kita bergantung dengan
teknologi digital, komunitas pemasaran sekarang memiliki tempat yang lebih
fleksibel dan lebih luas di dunia maya. Bahkan perusahaan-perusahaan semacam
pembuat semen dan cor juga dapat menjadi partisipan global di komunitas ini.
Pemasaran digital dapat
memberikan Kamu keuntungan untuk bergerak melampaui jangkauan fisik Kamu dan
bergabung ke dunia yang lebih luas.
COMMENTS